Buka RAT KSP Hanura, Bupati Matim: Kita Harus Berpikir Positif

Borong, Wartamanggaraitimur.com-Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hanura yang beralamat di Watu Ipu, Kelurahan Kota Ndora, Kecamatan Borong, Matim menggelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2019. Sabtu, (11/01/2020) lalu.

Kegiatan RAT Hanura ini pun berlangsung di aula kantor koperasi simpan pinjam Hanura. Jumlah peserta yang hadir dalam kegiatan itu kurang lebih 600 peserta.

Rapat ini terkait laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas Koperasi Simpan Pinjam  (KSP) Hanura. Rapat yang dilaksanakan ini juga sebagai tanda ucapan syukur dimana, koperasi simpan pinjam Hanura genap berusia 25 tahun.

Tema yang diusung dalam rapat ini yakni, "Membangun Komitmen Perubahan Menuju Kemandirian dan Keberlanjutan Pengelolaan Koperasi".

Bupati Matim Agas Andreas SH,M.Hum dalam kesempatan itu menjelaskan, kita tahu bahwa rapat anggota tahunan yang dilaksanakan ini menjadi forum kekuasaan tertinggi dari anggota koperasi.

Rapat anggota tahunan ini, kata dia, dilaksanakan sekali dalam sutu tahun. Kalau ada hal-hal yang luar biasa maka akan diadakan rapat luar biasa, katanya

Bupati Agas menjelaskan, yang menjadi pertanyaannya adalah, berapa orang yang sudah masuk menjadi anggota koperasi. Baik di Koperasi Hanura, Koperasi AMT, Koperasi Sangosay, Koperasi Swastisari, Koperasi Pintu Air, dan Koperasi Obor Mas di wilayah Manggarai Timur.

"Penduduk kita di wilayah Manggarai Timur mencapai 194 ribu jiwa. Kalau dia masuk anggota baru dan mencapai 30 persen artinya, tahap-tahap pasar kita masih 70 persen yang belum diambil semua oleh anggota kopdit di Manggarai Timur", jelasnya

Melalui rapat ini, lanjutnya, anggota koperasi mewujudkan kepuasaanya untuk mengevaluasi laporan pertanggungjawaban pengurus.

Kata dia,  untuk mengevaluasi laporan pengurus tentu sangat tergantung cara memahami laporan ini kalau tidak paham mesti bertanya.Sebagai anggota koperasi harus selalu berkomitmen dan selalu berpartisipasi  dalam menyukseskan koperasi.

"Komitmen tergantung kepada cara pemahaman kita tentang filosofi Koperasi. Koperasi hadir bukan lembaga perkumpulan uang tetapi lembaga berkumpulnya orang yang saling percaya", ungkapnya

Dijelaskannya, anggota koperasi harus berpikir positif tentang dirinya. Kalau kita punya pemikiran positif tentang diri kita pasti kita juga punya pemikiran positif tentang orang lain. Begitu pun kalau kita punya kepercayaan tentang diri kita pasti kita juga punya kepercayaan tentang orang lain, ungkap Bupati Agas

Dalam perkembangan kopdit sekarang, kata dia, bukan diukur seberapa besar simpanan saham. Tetapi, diukur dari seberapa besar simpanan non sahamnya dan itu dilihat dari simpanan pokok, simpanan wajib, dan simpanan sukarela.

"Indikator tingkat kepercayaan anggota terhadap koperasi itu sendiri diukur dari non saham bukan diukur dari simpanan saham", jelas Bupati Agas

Oleh karena itu, lanjut dia, kepada semua pemilik anggota koperasi harus selalu saling percaya, baik terhadap diri kita sendiri maupun terhadap orang lain bagi sesama anggota koperasi.

Dikesempatan yang sama, ketua KSP Hanura Kornelis Penga, mengungkapkan RAT KSP Hanura sebagai pemegang kekuasaan tertinggi di dalam lembaga ini.

Kata Kornelis, menuju puncak kesuksesan tidak sekedar slogan kosong yang hampa namun membutuhkan pengorbanan diri di luar prasangka manusia. Tetapi, tindakan besar akan berbicara dengan seluruh umat manusia.

"Dihari ini kita harus selalu bersyukur untuk mencapai hari depan yang lebih gembira", katanya

Kata Kornelis, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Hanura hari ini melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2019 ini merupakan salah satu hasil yang baik sekaligus mengevaluasi kerja kita di tahun-sebelumnya.

"Kita telah mengakiri perjalanan tahun buku 2019 dan telah memasuki gerbang perjalanan baru tahun 2020 semoga kedepan kepercayan Koperasi Simpan Pinjam Hanura selalu baik dan menjadi kepuasan semua anggota koperasi", ungkapnya

Koperasi Simpan Pinjam Hanura, lanjutnya, sudah membuka pos pelayanan di mana-mana termasuk salah satu kopdit Hanura dari Manggarai yang sudah membuka Pos pelayanan di kabupaten lain yaitu di Kabupaten Ngada dan Sumba, jelasnya

"Untuk menuju kepada kesuksesan atau kemajuan harus berpikir besar dan bertindak besar. Di era digitalisasi yang semakin maju kalau kita tidak berpikir besar dan bertindak besar maka kita akan sia-sia",katanya

Diakhir sambutannya, Kornelius Penga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap anggota karena sudah dengan setia menjalankan roda koperasi ini mulai dari awal bertumbuhnya sampai pada usia yang ke 25 tahun. 

RAT koperasi yang dilaksanakan ini tambah dia, bertepatan dengan pergantian badan pengurus pada masa jabatan 2020-2022. Kita pun mengharapkan semua anggota memilih pemimpin yang jujur, berkarakter dan berani berjuang  untuk kepentingan KSP Hanura ke arah yang lebih biak dan berkualitas, tutupnya

Terpantau, kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun buku 2019 KSP Hanura berjalan dengan aman dan lancar. (KR-1)

 

Berita Terbaru

Alamat Redaksi

Bagian Humas dan Protokol 
Setda Kabupaten Manggarai Timur 

Kompleks Satar Lehong-Gurung Liwut
Manggarai Timur-NTT-86571

Newsletter

Social

FacebookTwitter