Menkominfo Jhoni G Plate, Kunjungi Seminari St. Pius XII Kisol

Borong, Wartamanggaraitimur.com- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo)  Jhoni G Plate kunjungi Seminari St. Pius XII Kisol yang beralamatkan di Kelurahan tanah rata, Kecamatan Kota Komba, Matim, Flores, NTT. Jumat, (20/12/2019).

Sebelumnya, Jhoni G Plate mengunjungi kampung halamannya di Kecamatan Reo guna untuk meresmikan akses internet dan NOC Palapa Ring di Kecamatan Reo.

Usai meresmikan akses internet dan NOC Palapa Ring di Kecamatan Reo. Menkominfo Jhoni G Plate langsung menuju ke Seminari St. Pius XII Kisol dengan menggunakan helikopter milik TNI-AD.

Menkominfo Jhoni G Plate pun tiba di Seminari St. Pius XII Kisol sekitar pukul, 14.30 Wita.

Tibanya di lapangan sepak bola Seminari St. Pius XII Kisol Menteri Jhoni G Plate bersama rombongannya disambut dengan penuh meriah oleh unsur forkopimda Manggarai Timur dan seluruh sivitas akademik Seminari St. Pius XII Kisol.

Rombongan pun disambut oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Sekda Boni Hasudungan, Pimpinan OPD, Wakil Ketua DPRD Bernadus Nuel, Kapolsek Waelengga Ipda I Ketut Kantun, Danramil 1612 Borong Kapten Inf. Zaenudin, Camat Kota Komba Hermengidus D. Atman dan Pastor Preses  Dionisius Osharjo,Pr.

Dari lapangan sepak bola Seminari Kisol, Menteri Jhoni G Plate langsung diarahkan ke dalam kompleks seminari Kisol. Sesampainya di dalam Menkominfo Jhoni G Plate langsung disambut dengan acara "kepok sudung". Acara ini dilakukan sebagai tanda bahwa Menteri Jhoni, tiba di tempat tujuan dengan selamat. 

Usai dilakukannya acara kepok sudung Menkominfo Jhoni G Plate, bersama rombongan langsung diarahkan ke dalam ruangan dengan diiringi "Dading tiba meka" atau danding terima tamu.

Pastor Preses Dionisius Osharjo,Pr dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Menkominfo Jhoni G Plate bersama rombongannya di lembaga pendidikan Seminari St. Pius XII Kisol diusianya yang ke 64 tahun. 

Kata dia, kami menyambut kedatangan bapak dengan penuh rasa syukur yang mendalam atas kunjungan kerja Pa Menteri Jhoni ke Seminari ini yang adalah juga almamaternya.

Dalam daftrannya, lanjut Romo Osharjo, siswa yang masuk dalam seminari ini bapak Menteri Jhoni adalah  angkatan ke 15.

Dijelaskannya, dari angkatan itu yang menjadi menteri di kabinet jilid II kepemimpinan Joko Widodo dan Maruf Amin  Pa Jhoni G Plate.

"Kami sangat merasa bangga dan bersyukur karena salah satu alumni terbaik di lembaga ini dipercayai oleh Presiden kita Joko Widodo untuk jadi Menteri Kominfo dalam kabinetnya", ungkap Romo Osharjo penuh senyum

"Kami mengucapkan profisiat kepada presiden kita Joko Widodo untuk putra terbik dari seminari ini dipercaya menjadi menteri", ungkapnya

Kata Romo Osharjo, ini merupakan sejarah penting dari seminari ini karna salah satu alumnusnya bisa membantu Presiden kita Joko Widodo.

Terpisah, bupati Matim Agas Andreas, SH,M.Hum dalam sambutannya mengatakan, patut kita merasa bangga dan senang karena hari ini di Seminari Kisol atau di wilayah Matim dikunjungi oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkiminfo) Pa Jhoni G Plate  yang nota Bene adalah anak kandung dari Manggarai Raya.

Hari ini, lanjutnya, kami dengan senang hati mulai dari saya sampai ke pimpinan OPD akan dengarkan informasi banyak dari Bapak Menteri Komunikasi dan Informatika tentang kemana arah pembangunan kita secara nasional baik provinsi, daerah, bahkan sampai di tingkat desa.

"Arah pembangunan kita harus satu pola pikir dan pola tindakan baik dari pusat sampai ke daerah harus satu pula", ungkapnya

Dikesempatan yang sama Menteri Jhoni G Plate, menyampaikan, terima kasih karena Kabupaten Manggarai Timur sudah mengambil bagian dalam Pemilu serentak secara baik, adil dan bertanggung jawab.

Kata Menteri Jhoni, pemerintahan Presiden kita Joko Widodo, dirinya lebih menitikberatkan pada lima pokok poin dimana, dia lebih menekankan kepada.

Pertama, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor kunci utama karna, masa sekarang adalah masa dimana teknologinya sangat maju.

Kedua, meneruskan pembangunan infrastruktur termasuk infrastruktur telekomunikasi dan informatika.

Ketiga, deregulasi dimana untuk mengatur agar mempercepat proses pengambilan keputusan, memperlancar pelaksanaan pembangunan, dan untuk memudahkan seluruh aparat pemerintahan di dalam mengambil keputusan.

Keempat, debirokratisasi, debirokratisasi ini berhububgan dengan informatika dimana peran manusia dalam pelayanan publik mulai dikurangi atau peran ASN dikurangi diganti dengan apa. Diganti dengan robot dan sistem.

"Jadi semakin sedikit orangnya semakin banyak sistemnya untuk mempercepat", ungkapnya 

Kata Menteri Jhoni, robot akan mengambil alih pekerjaan manusia. Robot akan menciptakan pekerjaan lain untuk manusia.

Kelima, nilai tambah, sumber daya alam kita ini harus kita transformasikan. Kita migrasikan pada kegiatan yang mengajarkan nilai tambah yang lebih banyak.

Kementerian kominfo, tambahnya, diberi tugas untuk memperhatikan kedaulatan data dan memerangi cyber crime, dan pengembangan industri telekomunikasi dan informatika.

Terpntau, turut hadir dalam kunjungan ini diantaranya,  Ketua DPP Partai NasDem Zulfan Lindan, Kabiro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu dan staf ahli Menteri Philip Gobang. (KR-1)

 

Berita Terbaru

Alamat Redaksi

Bagian Humas dan Protokol 
Setda Kabupaten Manggarai Timur 

Kompleks Satar Lehong-Gurung Liwut
Manggarai Timur-NTT-86571

Newsletter

Social

FacebookTwitter