Wagub NTT Gelontorkan Uang 150 Juta Karena WC Bersih di KMT

Warta Manggarai Timur.Com...Wakil Gubernur NTT Yoseph Naesoi meninjau Water Closet (WC) SMAK St. Arnoldus Mukun, di Mukun, Desa Golo Meni, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur (KMT), 09/05/2019. Setelah didapatinya WC itu dalam keadaan bersih, Wagub Yoseph langsung beri hadia uang 100 juta untuk sekolah itu.

Hal ini dilakukan Wagub Yoseph, disela perjalanan  menuju kampung Ladok, Desa Rana Mbeling, Kecamatan Kota Komba, KMT, dalam rangka peletakan batu pertama pembangunan jalan berstatus jalan provinsi sepanjang 17 km tahun anggaran 2019 di wilayah itu.

Peninjauan lokasi WC sekolah SMAK St. Arnoldus Mukun yang tidak terjadwal dalam protokoler perjalanan wagub itu berawal dari inisiatif   para guru, kepala Desa Mokel dan masyarakat setempat menjemput Wagub NTT dengan cara menduduki jalan yang di lalui Wagub.

Para guru dan masyarakat dilengkapi pakaian adat dan para siswa berseragam sekolah yang terdiri dari siswa SMAK St. Arnoldus Mukun, SMPN 3 Kota Komba, SMAN 3 Kota Komba, SMPK Pancasila Mukun, SMP Satap Watu Mundung, SDK Mukun 1 SDK Mukun II SDN Watu Mundung, SDN Rangga Po.

Dengan wajah riang berlumur senyum, Wagub yang dikenal ramah ini turun dari mobil dan menyapa para siswa yang membentuk pagar betis di pinggir kiri kanan jalan dan masayarakat serta para guru dengan melambaikan tangan dan disambut teriakan gembira serta tepuk tangan riuh dari para siswa dan masyarakat.

Penjemputan dadakan itupun dimulai dengan ritual adat "Kepok Sundung" (Sebuah ritual adat penjemputan ucapan selamat datang bagi tamu kehormatan) dan diakhiri permintaan peninjauan lokasi sekolah SMAK St. Arnoldus Mukun oleh juru bicara tokoh adat setempat. Dengan senang hati, Wagub Yoseph menerima ritual adat itu dengan ucapan dalam bahasa manggarai "Toe Manga Cela" (tidak ada salah) dan langsung bergerak menuju lokasi sekolah.

Hanya dalam hitungan langka, Wagub Yoseph memanggil wakil Kepsek SMAK St. Arnoldus Mukun, Arnold Kekong, meminta untuk menunjuk arah menuju WC sekolah. Dalam diskusi dengan Wakasek menuju bilik WC, Wagub Yosep menyampaikan bahwa dirinya hanya ingin meninjau lokasi WC sekolah. Dia mengatakan, bila WC sekolah bersih maka pihaknya akan beri hadia untuk sekolah itu.

"Saya minta kepala sekolah atau wakil kepala sekolah dekat dengan  dan kasih tunjuk kamar WC sekolah. Saya mau periksa kebersihan WC sekolah. Kalau bersih saya kasi hadia dalam bentuk tambah jumlah uang untuk dana BOS atau dalam bentuk lain untuk sekolah ini", kata Wagub berdarah Bajawa itu.

Setelah sampai bilik WC, Wagub Yoseph langsung membuka pintu dan melihat langsung WC siswa pada sekolah itu.

"WC-nya bersih ya, bagus. Saya senang liat kalo bersih begini. Saya beri kamu hadia 100 juta. Nanti nomenklatur pemberiannya akan disesuaikan dan Saya akan koordinasi dengan Kadis PK Provinsi", uangkap sang Wagub.

Karena senang dengan kebersihan WC itu, Wagub langsung masuk singgah menggunakan WC itu. Hadia juga diberikan Wagub Yoseph kepada sekolah SD dan SMP di wilayah Mukun. Dirinya mengungkapkan, untuk SD dan SMP juga akan diberi hadia namun jumlahnya berbeda.

"Saya juga kasih hadia untuk SD dan SMP disini sejumlah 50 juta dan dibagi rata ya, dan itu dari uang pribadi saya", kata Wagub Yoseph yang disambut tepuk tangan siswa dan masyarakat.

Disaksikan ratusan siswa dan masyarakat, Wagub Yoseph jalan mengelikingi bangunan sekolah itu sambil memperhatikan bangunan bangunan yang ada. Diakhir tinjauannya, Wagub Yoseph sedikit memberi nasihat kepada guru dan siswa yang ada di tempat itu.

"Saya minta kerja dengan baik biar anak anak ini jadi orang hebat semua. Untuk anak anak, Bapa minta sekolahlah dengan tekun agar jadi anaknyang berguna bagi keluarga dan sesama", pinta Sang Wagub ***

Humas Matim

Berita Terbaru

Alamat Redaksi

Bagian Humas dan Protokol 
Setda Kabupaten Manggarai Timur 

Kompleks Satar Lehong-Gurung Liwut
Manggarai Timur-NTT-86571

Newsletter

Social

FacebookTwitter